Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Senin, 23 November 2009

KARAKTERISTIK DAN PERILAKU KONSUMEN PENGGUNA GSM & CDMA

Teknologi telepon genggam sudah menjadi kebutuhan bagi setiap manusia. Hampir setiap orang memilikinya, mulai dari kalangan pembantu rumah tangga, buruh, dan para pengusaha hingga pelajar. Jumlah penduduk yang besar membuat indonesia menjadi pasar yang potensial bagi para penyedia jasa operator jaringan telepon genggam. Teknologi GSM & CDMA yang menjadi pilihan, kedua teknologi tersebut bersaing dalam memperebutkan pasar dengan menciptakan karakteristik baru yang di butuhkan pelanggan. Teknologi GSM yang lebih dulu masuk dan mampu merebut pangsa pasar yang besar. Kemudian teknologi CDMA masuk dengan cara menawarkan biaya pulsa yang murah untuk dapat merebut pangsa pasar. Namun, para konsumen masih memikirkan permasalahan yang didapat apabila beralih pada CDMA. Ada 4 karakteristik yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian yaitu, faktor budaya ( kelas sosial ), faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis ( pengetahuan & keyakinan ). Namun, ada pula yang berpendapat bahwa dalam memilih produk mereka memperhatikan harga, kelengkapan fitur, % mutu produk. Sehingga pemilihan produk yang tepat dapat memuaskan kepada orang yang menggunakan. Dari pengamatan, di lihat dari penghasilan : Dari 190 orang responden , paling banyak wanita yang rata-rata menjawab pengeluaran konsumsi dalam tingkat sedang yaitu ( antara 1 juta-5 juta rupiah ). Rata-rata responden memilika satu unit telepon genggam. Dari jenis kartu yang di gunakan, sebanyak 119 responden memilih menggunakan kartu berdasarkan fitur yang ada dalam telepon genggam dan untuk responden yang menggunakan untuk mengakses internet ? WAD sebesr 101 orang. Namun, antara laki-laki dan perempuan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan telepon genggam perbulannya.

www. google. com
matkul metode riset

Tidak ada komentar:

Posting Komentar