Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Senin, 10 Mei 2010

PENTINGNYA BERSIKAP SOPAN DAN SANTUN DALAM HIDUP

Mendengar kata sopan santun, sungguhlah topik yang amat menarik untuk dijadikan pokok bahasan dalm tulisan sebuah artikel, hal ini tak lain karena sopan santun tidak lepas dalam kehidupan kita sehari- hari serta merupakan suatu perilaku yang sangat baik untuk kita contoh dan terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Seperti yang diketahui, berdasarkan penuturan Marie Jahoda, seseorang dapat dikatakan memiliki kesehatan mental apabila memiliki kemampuan untuk menguasai lingkungan dan berintegrasi secara baik dengannya, dengan demikian untuk mecapai pemenuhan seperti yang telah disebutkan maka diperlukan suatu tingkah laku yang dapat digunakan sebagai perangkat untuk memenuhi syarat tersebut yaitu sopan santun. Sopan santun merupakan unsur penting dalam kehidupan bersosialisasi sehari – hari setiap orang, karena dengan menunjukkan sikap sopan santunlah, seseorang dapat dihargai dan disenangi dengan keberadaannya sebagai makhluk sosial dimanapun tempat ia berada.

Dalam kehidupan bersosialisasi antar sesama manusia, sudah tentu kita memiliki norma – norma / etika – etika dalam melakukan hubungan dengan orang lain. Dalam hal ini sopan santun dapat memberikan banyak manfaat atau pengaruh yang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Selanjutnya akan saya jelasakan beberapa contoh sopan santun di dalam lingkungan pergaulan sehari – hari.

1. Bertutur kata yang baik dengan teman agar tidak menyinggung perasaannya, karena dengan bertutur kata yang baik kita dapat menjaga hubungan yang baik dengannya.
2. Tidak membicarakan tentang kejelakan / keburukan teman kepada orang lain dengan maksud menjatuhkan / mencemarkan nama baiknya, karena hal tersebut dapat memicu timbulnya perselisihan yang akan menimbulkan gangguan dalam keharmonisan hubungan pertemanan.
3. Berkata jujur, karena dengan berkata jujur maka orang lain akan senantiasa mempercayai kita dan keharmonisan kehidupan pertemanan / persahabatan akan tetap terjaga dengan baik.
Demikian beberapa contoh perbuatan tingkah laku yang dapat saya berikan. Selanjutnya akan saya jelaskan beberapa manfaat dari perilaku sopan santun yang kita lakukan bagi diri sendiri maupun orang lain.



A. Manfaat sopan santun bagi diri sendiri :
1. Dapat dihargai, dihormati, dan disenangi oleh banyak orang dimanapun tempat kita berada.

2. Dapat memupuk rasa persaudaraan, pertemanan, serta persahabatan.
3. Mendapat kepercayaan dari orang lain.
4. Mendapatkan penilaian yang positif karena melakukan perbuatan yang baik dari orang lain, sehingga orang lain pun akan bertingkah laku baik pula terhadap diri kita.
5. Dapat menghindari perselisihan, pertentangan, dan permusuhan dengan orang lain.
6. Menjaga hubungan baik dan harmonis dengan orang yang berada di sekitar kita.
B. Manfaat sopan santun bagi orang lain :
1. Akan merasa dihargai dan dihormati oleh orang lain.
2. Memupuk rasa persahabatan dan persaudaraan.
3. Dapat membina dan menjaga hubungan baik.
4. Dapat meringankan bebannya apabila sering diberikan pertolongan dari orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar